KNALPOT
Sekilas perihal Knalpot :
Sistem pembuangan adalah saluran untuk membuang
sisa hasil pembakaran pada mesin pembakaran dalam. Sistem pembuangan terdiri dari beberapa
komponen, minimal terdiri dari satu pipa pembuangan. Di Indonesia dikenal juga sebagai knalpot yang merupakan kata serapan dari bahasa Belanda yang secara harfiah berarti saringan suara.
Desain saluran pembuangan dirancang untuk menyalurkan gas hasil
pembakaran mesin ketempat yang aman bagi pengguna mesin. Gas hasil pembakaran
umumnya panas, untuk itu saluran pembuangan harus tahan panas dan cepat
melepaskan panas. Saluran pembuangan tidak boleh melewati atau berdekatan
dengan material yang mudah terbakar atau mudah rusak karena panas. Meskipun
tampak sederhana, desain sistem pembuangan cukup berpengaruh terhadap performa
mesin.
Umumnya
komponen dalam sistem pembuangan terdiri dari :
·
Kepala silinder,
dimana pipa pembuangan dimulai, kecuali pada mesin dua langkah dimana saluran
pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding silender.
·
Exhaust manifold atau
exhaust header, dimana pipa dari beberapa ruang bakar/silinder bergabung.
·
Knalpot, pipa untuk
mengalirkan gas hasil pembakaran.
·
Peredam suara atau disebut juga muffler, yang berfungsi
untuk meredam suara. Pada sepeda motor, peredam bunyi ada di dalam knalpot sedangkan pada mobil
umumnya terlihat dengan jelas berupa tabung sebelum ujung pipa pembuangan.
Selain
itu ada opsional komponen berupa Turbocharger yang menggunakan tenaga atau energi yang masih
tersisa untuk memutar turbin agar udara yang akan dimasukkan ke ruang bakar
bertekanan sehingga mesin akan menghasilkan tenaga yang lebih besar.
Skema sistem pembuangan: 8 Ruang bakar. 9 Katup buang. 10
Saluran buang. 11 Exhaust manifold. 12 Catalytic converter. 13 Muffler.
Dengan perkembangan knalpot inilah akhirnya home industri pembuatan knalpot cukup signifikan, itupun yang membuat dari berbagai daerah.
Supaya para pengrajin knalpot merasa berbeda maka label anodesalmunium berperan disini, merek dari berbagai macam daerah bersaing di toko toko variasi motor.
Sehingga dengan adanya label merek maka penggemar knalpotpun menitik mana mana merek yang bagus dan cocok untuk dipakai motor yang dia punya.
Peluang ini dimanfaatkan oleh penjual Helm motor, dengan cara mengadakan lomba balap motor, selain helm yang dipakai maka knalpotpun menyesuaikan motornya si pembalap, berbagai macam produksi knalpot menempel di para pembalap motor. Maka tidak kalah pentingnya kesempatan ini industri knalpot memperhatikan apa sebenarnya yang disukai para bikers.
Komentar
Posting Komentar